Tips Cara Untuk Melindungi Mata

Sebagian besar pekerjaan yang kita lakukan berhubungan dengan komputer, sehingga disadari atau tidak, kerusakan mata kerap terjadi. Untuk membantu menghindari terjadinya kerusakan mata atau mengurangi tebalnya lensa kacamata Anda, coba lakukan beberapa tip berikut..

Sakit Mata Merah,  Sakit Mata  Pada Bayi,       Sakit Mata Belekan, Sakit Mata Menular, Sakit Mata   Pada Anak, Sakit       Mata Saat Hamil, Sakit Mata Ikan, Sakit Mata  Bayi,  Sakit Mata  Anak,      Sakit Mata Pada Balita


  • Pastikan ruangan kerja atau ruangan baca Anda mendapat penerangan yang cukup, tidak terlalu terang dan tidak terlalu suram.
  • Jangan biarkan mata Anda terus menerus menatap layar monitor atau buku yang sedang Anda baca. Usahakan untuk memnadang ke arah lain beberapa menit sekali. Agar lebih murah, atur posisi duduk Anda sehingga memungkinkan untuk melihat pemandangan dengan lain di kejauhan dari samping atau dari atas layar monitor.
  • Usahakan untuk tidak bekerja dalam jarak yang terlalu dekat dengan layar monitor.
  • Untuk melindungi mata, usahakan untuk menggunakan pelindung monitor.
  • Usahakan untuk sering berkedip. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 1993, para pekerja kantor dalam keadaan rileks akan berkedip 22 kali per menit. Ketika menatap materi cetakan mereka berkedip 10 kali per menit. Tetapi ketika bekerja di depan komputer, mereka hanya berkedip 7 kali per menit, dan sering sekali menatap layar dengan mata terbuka lebar. Akibatnya, kelembaban mata berkurang, mata menjadi kering dan mudah teriritasi.
  • Mengenakan kaca mata akan menimbulkan ketergantungan dan membuat mata semakin lemah sehingga kehilangan fokus alaminya. Karena itu, lebih baik tidak mengenakan kacamata sepanjang waktu. Kenakan saja di mana perlu, atau dalam posisi yang berpotensi membahayakan seperti memasak, menyetir atau menggunakan alat berlistrik. Kecuali bagi yang kacamata minusnya sudah telanjur tebal sehingga tidak bisa begitu saja melepasnya. Lakukan perlahan-lahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar